Raindrops

English Version

We’re back again with rainy season. Honestly, I hate rain.The reason is because it could make my shirt and my hair wet. And it’s messed up my look so it would ruin my mood for the rest of the day. Next is, because I have allergies to cold. So my sinusitis would relapse or I will shivering with my fingers going red and it makes me sick. Have you ever feel how the big raindrops falling on your head? It’s sick bro. Also I hate people who turn on the AC in the middle of a rain or in the 7 a.m., like, c’mon guys. Are you kidding me? My town is already located in the plateau. Do you have to make it cooler again? I’m more a beach person, you know.cold 1

One day I think. Why there must a rain? And then I remembered the farmers in the rice fields, they need rain to grow the rice, so they could harvest and then we could eat the rice. I love rice.sawah 2

I remembered the polluted river and ocean, it needs to evaporate to be a heavy black cloud so the river and ocean will be clear again, and then humans make it pollute again and repeat.

evaporasi 2

I remembered the water that I drink, it comes from groundwater, groundwater comes from raindrops that soaked into the ground, then collected until it can be pumped and become the water of daily needs.

tanah 1

And then, a thing crossed my mind. Something that we don’t like, is not that bad. It may be a good things for you. Like me and the raindrops. I don’t like rain but if I think again, the rain brings so many benefit for our daily life. But I still complain about that.

baik 1

For example, you don’t like school, you hate the teacher, you hate the homework, because you feel pressured, but all that things is actually for your good. School makes us become a person who diligent, patient, discipline, learn to work together, and many more. Teachers make us polite students, learn to respect the elderly, learn to appreciate, learn to communicate well, and many more. Homework makes us learn to be patient, diligent, spirit, optimistic, never give up, and many more.

school 4

So if you think carefully again, all things are good if you see it from other ways. All things are good if you see it from positive ways. Hopefully whoever read this understand what I mean and could think and see positively in any situation you face. Have a great weekend!

weekend 2

Indonesian Version

Kita kembali lagi dengan musim hujan. Jujur saja, aku benci hujan. Alasannya adalah karena hujan bisa membuat baju dan rambutku basah. Dan ini mengacaukan penampilanku sehingga akan merusak moodku sepanjang sisa hari tersebut. Selanjutnya, karena aku alergi terhadap dingin. Jadi sinusitisku akan kambuh atau aku akan menggigil dengan jari-jariku menjadi merah dan itu membuatku sakit. Pernahkah kamum merasakan bagaimana tetesan air hujan besar jatuh di kepalamu? Itu sakit kawan. Aku juga membenci orang-orang yang menyalakan AC di tengah hujan atau pada pukul 7 di pagi hari, ayolah kawan. Apakah kamu bercanda? Kota yang  kutinggali sudah berada di dataran tinggi. Apakah kamu harus membuatnya lebih dingin lagi? Aku lebih bisa disebut sebagai orang pantai, kau tahu.

cold 2

Suatu hari aku berpikir. Kenapa harus ada hujan? Lalu aku mengingat para petani di sawah, mereka butuh hujan untuk menanam padi, agar bisa panen dan kemudian kita bisa makan nasi.

sawah 1

Aku mengingat sungai dan laut yang tercemar, mereka harus menguap menjadi awan hitam besar supaya hujan, supaya sungai dan laut tersebut bisa kembali bersih, lalu datanglah manusia membuatnya polusi dan diulangin lagi seperti itu.

evaporasi 1

Aku juga mengingat air yang kuminum, itu berasal dari air tanah, air tanah berasal dari tetesan air hujan yang meresap ke dalam tanah, lalu terkumpul sampai bisa dipompa dan menjadi air kebutuhan sehari-hari.

tanah 2

Dan kemudian, sesuatu terlintas di pikiranku. Sesuatu yang tidak kita sukai, tidak seburuk itu. Ini mungkin bisa jadi hal yang baik untuk kamu. Sepertiku dan tetes hujan. Aku tidak suka hujan tapi jika aku berpikir lagi, hujan membawa begitu banyak manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Tapi aku tetap saja masih mengeluh tentang itu.

baik 2

Misalnya, kamu tidak suka sekolah, kamu membenci gurumu, kamu membenci PR, karena kamu merasa tertekan, tapi semua itu sebenarnya untuk kebaikan kamu. Sekolah membuat kita menjadi orang yang tekun, sabar, disiplin, belajar bekerja sama, dan masih banyak lagi. Guru membuat kita santun, belajar menghargai orang tua, belajar menghargai, belajar berkomunikasi dengan baik, dan masih banyak lagi. Pekerjaan rumah membuat kita belajar bersabar, tekun, semangat, optimis, tidak pernah menyerah, dan masih banyak lagi.

school 3

Jadi jika kamu berpikir lagi dengan seksama, semua hal itu baik jika kamu melihatnya dari sudut pandang lain. Semua hal itu baik jika kamu melihatnya dari sudut pandang yang positif. Mudah-mudahan siapa pun yang membaca ini mengerti apa yang aku maksud dan bisa berpikir dan melihat secara positif dalam situasi apapun yang kamu hadapi. Selamat berakhir pekan!

weekend 1

Advertisements

Sendiri

Hari ini adalah hari yang unik. Gua jalan sendiri pergi sendirian keliling kota. Well, ga keliling kota juga sih. Cuma mampir ke beberapa mall, ambil foto, makan siang sendirian (diliatin sama mas-masnya) dan beli kue. Btw kadang gua bingung sama orang yang paling gabisa sendirian gitu. Jadi apa-apa harus ada temen dan ditemenin. Faktor Teman. Kira-kira bahasanya gitu kali ya. Sepanjang gua jalan-jalan sendiri gua diliatin banyak orang, mulai dari bapa ibu, Kakek Nenek, sampe yang couple pun ngeliatin gua dengan pandangan aneh. Emang ada yang salah sama gua? Gua ke wc, trus ngaca ga ada yang salah sama penampilan gua, ga ada upil nongol, rambut gua ga ketombean, baju gua bersih dari noda, celana gua risletingnya ga kebuka. Nothing weird. Gua tau kok gua diliatin karena gua jalan-jalan sendirian. So, what’s the problem with that? Apa salahnya jalan-jalan sendirian? Bule aja jalan-jalan sendirian bawa backpack kemana-mana. Gua tau kok kita makhluk sosial, trus gaboleh kah kita jalan-jalan sendiri? Hmm. Gua juga bingung juga sama teman-teman cewe gua. Mereka kalo ke wc pasti minta ditemenin. Gatau kenapa dan ga ngerti kenapa. Emang di wc ada apa sih? Apa ada monster? Ada setan kah? Ato kalian takut sama kuning-kuning yang mengambang? Hahahaha. Ga salah sih punya temen, justru carilah temen sebanyak-banyaknya. Tapi kita harus belajar mandiri. Jangan bergabung terus sama temen. Mau sampe kapan kita jadi benalu buat temen kita? Ya mungkin kerasanya biasa aja sih, tapi yang ditempelinnya BERASA!! Sadar hei sadar! Belajar mandiri. Berdikari. Inget temen itu ga selamanya ada buat kita. Jadi, belajarlah tidak bergantung pada orang lain. Memangnya enak ngerepotin orang terus?

Visiting me on:
Instagram : @yohanna_demusic
Twitter : @yohanna_demusic
Snapchat : yohannaajaah
http://www.askfm/yohannaajaah.com
http://www.soundcloud/yohannaajaah.com
http://www.youtube.com/channel/UCRSpg7XtjtrTXXxYQLIrM1g